Kamis, 03 Januari 2013

ayo bangkit


Ayo bangkit.
Kota-kota besar saat ini terancam kemacetan total dikemudian hari. Surabaya dan Jakarta contonya, diperkirakan pada beberapa tahun lagi akan terancam kemacetan lalu lintas secara total. Kota-kota besar saat ini terancam tenggelam dalam genangan air yang mengakibatkan tergangunya kegiatan ekonomi. Jakarta merupakan salah satunya dan pada beberapa hari silam, Bandung ikut di dalam nya. Tingkat polusi di kota-kota besar sudah sangat memprihatinkan,  bahkan saking memprihatinkannya banyak penyakit yang menyerang masyarakat seperti ISPA dan gangguan pernafasan lainnya bahkan kematian pada balita. Jakarta sebagai kota besar mengalaminya saat ini. polusi suara yang ditimbulkan akibat banyaknya kendaraan di jalanan dapat merusak pendengaran para pengguna jalan, ironisnya pejalan kaki yang menggunakan kendaraan umum yang merasakan juga dampaknya.
Apa yang telah kita lakukan? Saling melukai satu sama lain secara tidak langsung? Membunuh sesama secara tidak langsung? Menghancurkan alam ini secara tidak langsung? Kenapa tidak kalian lakukan secara langsung? Karena tidak manusiawi? Karena hidup sendiri-sendiri? Karena tidak perduli? Karena krisis kesadaran dan rusaknya moral lebih penting daripada kemanusiaan? Beritau saya pendapat kalian.
Membangkitkan kembali negeri ini sih bukan hal yang sulit menurut saya. Hanya membutuhkan dua hal yang  mudah dan singkat. MORAL dan KESADARAN adalah jawabannya. Dengan moral dan kesadaran yang baik sudah jelas semua orang perduli dan bergerak tidak hanya berbicara saja. Dengan moral dan kesadaran yang baik kebijakan-kebijakan yang diambil atas dasar yang baik pula dan tujuan yang baik. Bahkan dengan moral dan kesadaran yang baik maka perangpun tidak akan terjadi.  
Sadar akan macet maka gunakanlah sepeda atau angkutan umum, tidak menerobos lampu merah, disiplin dalam menggunakan jalan. Jika merasa kota ini terlalu panas untuk anda sudah sebaiknya anda melakukan penghijauan. Jika merasa kota ini terlalu kotor buanglah sampah pada tempat yang seharusnya sampah berada. Sungai bukan tempat yang seharusnya sampah berada, jalanan juga bukan tempat yang seharusnya sampah berada, hutan dan gunung juga bukan merupakan tempat dimana sampah berada dan danau bukan lah bak yang anda bisa gunakan untuk mencuci tempat makan mewah kalian dan baju-baju mahal kalian.  
Hal-hal kecil patut kita kerjakan sebagai generasi muda dan bangsa yang besar, untuk mendapatkan hasil yang begitu besar nantinya. Cintai lingkungan sekitar anda, cinta makhluk hidup disekitar anda, dengan moral dan kesadaran yang baik  akan tercipta suasana yang damai. Cintai alam ini maka alam akan mencintai bangsa yang besar ini. Kita bisa bangkit, bersama. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar