Jumat, 26 November 2010

Individu Keluarga Masyarakat

            Individu merupakan bagian terkecil dari masyarakat dan terbatas, dapat dikatakan manusia perseorangan. Setiap individu bebas dalam melakukan kegiatannya asalkan sesuai dengan aturan dan norma – norma yang berlaku di dalam lingkungan individu itu tinggal. Sebagai makhluk sosial individu tidak dapat hidup sendiri dia pasti akan membutuhkan  bantuan dari orang lain. maka dari itu setiap individu hidup berkelompok di dalam suatu masyarakat yang nantinya akan membantu setiap individu dalam bersosialisasi maupun dalam meneruskan hidupnya sesuai dengan tujuan hidup masing – masing. Di dalam masyarakt, individu juga diberikan aturan – aturan yang berlaku di dalam masyarakat itu sendiri agar setiap individu tidak melakukan hal – hal yang melanggar norma dan aturan stempat.
 Keluarga merupakan gabungan antar dua individu berlainan jenis. Mereka yang sudah menikah sudah berarti mereka telah berkeluarga, ketika suatu pasangan melahirkan anak maka anak tersebut sudah memiliki keluarga. Setiap anak pada awalnya dibimbing oleh keluarga. Keluargalah yang pertama kali mengajarkan hal – hal mendasar dalam hidup mereka. Keluarga dapat kita lihat sebagai pendidik, sebagai tempat berlindung, sebagai alat membela diri dll. Keluarga dapat mengajarkan kita bnayk hal yang tidak diajarkan oleh instansi pendidikan formal, seperti tata krama dan sopan santun. Banyak anak dilahirkan tanpa orang tua bukan berarti mereka tidak memiliki keluarga. Kakek, nenek, paman, bibi merupakan keluarga mereka juga. Jadi kelurga memiliki arti luas serta memiliki fungsi yang banyak dalam tumbuh kembang suatu individu.
            Masyarakat di dalamnya ada gabungan beberapa keluarga dan beberapa individu. Setiap masyarakat memliki aturan yang berbeda – beda. Setiap aturan memiliki arti penting di dalam kelompok tersebut. Ketika seseorang melanggar atau melewati batas aturan tersebut maka masyarakat akan menghukum mereka dengan cercaan atau mengeluarkan mereka dalam lingkungan masyarakat tersebut. masyarakat memiliki suatu kekuatan yang dapat mengikat suatu individu untuk mengikuti aturan – aturan yang berlaku dalam lingkungan masyarakat tersebut. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar