Jumat, 19 Oktober 2012

untuk jakarta













Pada tahun 2012 ini Jakarta serasa semakin panas makin hari. Kemacetan dimana-mana. Polusi udara semakin membuat sesak. Sangat mengkhawatirkan kota Jakarta yang seharusnya menjadi kota panutan bagi kota – kota yang lain. Kota Jakarta memiliki luas 661.5 m2 dan dengan populasi 8.522.589 pada riset tahun 2010. Terlalu banyaknya polusi di jakarta membuat warganya memiliki tingkat kesehatan yang buruk, seperti infeksi saluran pernafasan yang bahkan pada beberapa kasus menyebabka kematian pada beberapa bayi.
 
                Kita sebagai generasi muda seharusnya bergerak dalam menuntaskan masalah ini. tidak cukup hanya dengan satu atau dua pohon.tidak hanya butuh taman suropati, taman ayodya, atau bahkan taman menteng tetapi kita membutuhkan sebuah kebun raya bogor di pusat kota Jakarta. Aneh? Tidak menurut saya. Ini hal yang sangat realistis dengan keadaan kota Jakarta saat ini. kurangnya lahan terbuka hijau membuat begitu banyaknya permasalahan yang terjadi, mulai dari permasalahan lingkungan hingga permasalahan kesehatan. Ini menjadi agenda penting kita sebagai generasi muda. Tidak ada salahnya memiliki kebunraya bogor di pusat Jakarta, bahkan salah satu kota di Amerika, Manhattan, memiliki taman serbaguna yang begitu luas di sekitaran pusat perkantoran. Gerakan sekecil apapun akan memberikan dampak yang sangat besar untuk suatu kemajuan yang positif.
 
                Memang dengan lahan terbuka hijau yang luas semua permasalahan tidak akan tuntas begitu saja. Kesadaran kita untuk memelihara lingkungan ini juga merupakan hal vital. Percuma memiliki taman bagus, hijau tetapi banyak sampah di sekitarnya. Percuma memiliki lahan terbuka yang luas tetapi sungai tetap menjadi tempat pembuangan akhir bagi warga bantaran kali.
                Langkah awal bagi pemerintah untuk memberikan informasi tentang sadar lingkungan kepada masyarakat muda sangatlah penting, dikarenakan merekalah yang nanti akan bereaksi akan informasi tersebut. memberikan fasilitas seperti tempat sampah yang cukup di sekitar tempat umum juga janganlah disepelekan oleh pemerintah dan warga sekitar pun juga diharuskan sadar akan ini.

1 komentar:

  1. saya setuju pak! jakarta harus di benahi agar menjadi lebih baik.

    BalasHapus