Minggu, 16 Desember 2012

mendaki


Pencapaian Dalam Mendaki Sebuah Gunung

Mendaki merupakan kegiatan alam yang menguras tenaga dan menguras mental. Di dalam sebuah pendakian banyak hal yang dapat kita peroleh. Ada hal-hal baik yang dapat kita peroleh dan ada juga hal buruk yang di hasilkan dari kegiatan ini. banyak aturan serta kode etik yang ditanamkan dari sebuah pendakian. Kode etik seperti perilaku bertutur kata yang sopan, tidak berbuat hal-hal yang dapat merusak alam seperti mencoret-coret dan memebuang sampah sembarangan. Pendewasaan diri secara alami akan dirasakan dalam mendaki, lebih dekat dengan pencipta, meghargai alam yang sangat perkasa serta dapat mengasah diri dalam pengambilan keputusan adalah beberapa hal penting yang dapat kita pelajari dalam mendaki.
                Ketika dalam pendakian keegoisan seseorang akan hilang, karena harus memberikan perhatian kepada teman satu team. Semua harus dijalani dengan bersama-sama, tidak ada yang akan tertinggal jauh di belakang atau terlalu jauh di depan. Kedekatan individu dalam satu team akan mempengaruhi hal ini. mental seseorang akan lebih terasah karena akan banyak terjadinya konflik dalam mendaki karena tekanan emosional yang tinggi. Hal ini  diakibatkan terlalu lelah atau bahkan dari faktor luar seperti iklim yang terlalu ekstrim maupun keadaan medan yang begitu menantang. Maka dari itu pendewasaan diri dalam pendakian akan sangat terasah lama-kelamaan secara alami.
                Berdoa merupakan hal yang terpenting untuk memulai sebuah perjalanan mendaki. Dalam hal ini kita akan semakin dekat dengan pencipta kita. Berdoa membuat tekad kita semakin bulat dan dapat tabah dalam menghadapi kondisi iklim gunung yang dapat berubah sewaktu-waktu secara extrim.  Ketika semua telah direncanakan dengan sangat matang tanpa kurang satu apapun ketika terjadi hal yang tidak diingikan maka itu adalah kehendak yang maha kuasa. Berdoa memiliki kedudukan yang begitu penting karena tidak terlepas dari izin yang maha kuasa.






                Alam ini begitu luas, alam ini begitu gagah dan perkasanya sehingga tak hanya satu bahkan banyak dari teman-teman para pendaki kehilangan nyawa saat melakukan pedakian.  Kita akan sangat terlihat kecil dan tanpa kekuatan ketika alam telah bertatapan langsung dengan kita. Meremehkan suatu pendakian bukanlah sikap yang bijaksana, sikap ini seharusnya dibuang jauh-jauh karena sikap tersebut akan membuat kita semakin sombong dan akan berakhir dengan hasil yang tidak diinginkan. Menghargai alam dengan menjaga tutur kata, menjaga lingkungan serta merawatnya adalah sikap yang sebaiknya ditunjukkan karena alam akan membalasnya dengan menunjukan keindahannya.
               
               
                Seorang manusia diciptakan dengan akal dan fikiran yang membuat kita begitu spesial. Akal dan fikiran ini tidak akan berkembang jika tidak adanya usaha untuk mengembangkannya. Maka dari itu kita harus mengasahnya untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Akan banyak hal yang diperbincangkan dalam aktifitas pendakian. Semua keputusan dirundingkan bersama dengan kepala dingin dan pengambilan keputusan tidaklah secara sepihak tetapi ketua team haruslah mengambil keputusan akhir. Maka dari itu pengasahan kemampuan akal dan fikiran kita akan semakin berkembang.

                Mendaki merupakan aktifitas yang cukup mahal untuk dijalani. Perlengkapan mendaki dengan kualitas yang lumayan membutuhkan dana yang tidak sedikit. Bahkan untuk menuju tempat pendakian dibutuhkan dana yang cukup besar juga. Tanpa adanya manajemen makanan yang baik sehingga asupan protein yang dikonsumsi tubuh kurang maka tubuhpun akan kekurangan gizi. Jadi tidak hanya hal positif yang dapat kita capai tetapi ada beberapa hal negatif yang di dapat dalam aktifitas pendakian.

                Mendaki merupakan gambaran kecil dari sebuah kehidupan. Buat sebagian orang mendaki merupakan lambang dari kecintaannya pada alam negeri ini dan menghargai apa yang telah diciptakan oleh yang maha kuasa. Bagi saya mendaki merupakan kegiatan yang memberikan tubuh ini keluar dari kehidupa nyata dan penat, meninggalkan semua aktifitas untuk mendapatkan ketenangan secara jasmani maupun rohani. Bangsa ini memiliki alam yang indah, nikmati keindahannya dan jaga untuk anak cucu kita nanti. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar