Sabtu, 29 Desember 2012

Curug panjang

Curug panjang merupakan tempat wisata alam yang terdapat di daerah cisarua puncak.  Akses jalan menuju tempat ini terbilang cukup mudah dengan kondisi jalan yang ekstrim. saya sendiri menuju tempat ini hanya dengan bantuan google map. tapi jangan ragu untuk bertanya pada orang sekitar jika anda ragu dengan jalan yang diambil. Orang - orang disepanjang jalan ini pun ramah kok,dapat membantu anda menunjukkan jalan yang benar.

Kondisi jalan menuju kawasan ini begitu menantang, tanjakan curam dan melewati genangan air yang cukup tinggi, yang saya maksud adalah aliran air yang berbentuk seperti air terjun di sisi jalan. saya tidak menyarankan mobil sedan atau mobil mewah menuju kawasan ini. bersepeda menuju kawasan ini sepertinya akan mengasikkan sekali. Medan berbatu yang sepertinya masyarakat sekitar yang membuatnya, medan awal menuju kawasan inj adalah aspal tetapi sedikit rusak. Selama perjalanan anda akan merasa seperti membelah hutan karenan banyaknya pohon rimbun sepanjang jalan. Tidak kurang dari 1 jam saya menuju kawasan ini dengan menggunakan sepeda motor, berawal dari jalan raya puncak tahu yunyi.

Sepanjang perjalanan menuju kemari saya disuguhi pemandangan alam yang hijau khas pegunungan. tidak jauh dari loket pintu masuk curug saya melihat ada penangkaran lebah, sepertinya kita dapat membeli madu segar dari tempat tersebut. Biaya masuk menuju kawasan ini cukup murah hanya 24 ribu untuk tiket masuk 2 orang dan retribusi parkir sebesar 3 ribu.

Tidak berapa lama kami berjalan sekitar 5 menit, sampailah saya di tempat wisata yaitu curug panjang. Tidak banyak cerita sejarah yang saya dapat dari tempat ini. Sepertinya tidak hanya ada curug ini saja karena masih ada jalan setapak meuju ke suatu tempat jauh diatas tentu saja kita harus membayar guide untuk mengakses wilayah tersebut, dengan tarif 30-35 ribu. Perjalanan dan pemandangan yang menenangkan, air terjun yang cantik dengan airnya yang jernih membuat saya begitu tenang menikmatinya. curug ini memiliki pesonanya tersendiri.

Ayo kita lestarikan alam ini, kita jaga agar anak cucu kita nanti dapat menikmatinya. Dan saya berharap pemerintah daerah terkait dapat memperbaiki dan memberikan akses jalan yang baik, karena semakin baik akses jalan saya rasa akan semakin banyak orang datang ke curug panjang. Tempat yang bagus tanda didukung prasarana yang baik saya rasa akan hilang tenggelam begitu saja. Karena saya sendiri menginginkan jika indonesia menjadi surga para pelancong diseluruh dunia. Alam indah tanpa tara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar